Agrifor : Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan
Vol 21, No 1 (2022): Maret 2022

UJI EFEKTIVITAS JAMUR Metarhizium anisoplae DAN Beauveria bassiana Bals LOKAL DAN KOMERISIAL TERHADAP HAMA KUTU DAUN (Aphis craccivora) PADA TANAMAN KACANG PANJANG (Vigna sinensis L.)

Sopialena Sopialena (Universitas Mulawarman)
Abdul sahid (Universitas Mulawarman)
Juita hutajulu (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2022

Abstract

Kutu daun dapat menurunkan kualitas dan kuantitas produk kacang panjang. Penelitian bertujuan untuk melihat efektifitas beberapa jamur entomopatogen (jamur Metarhizium anisopliae lokal, Beauveria bassiana Bals lokal, Metarhizium anisopliae komersial dan Beauveria bassiana Bals komersial) dalam mengendalikan kutu daun Aphis craccivora C.L. Koch.Untuk membandingkan efektivitas jamur entomopatogen  (jamur Metarhizium anisopliae dan Beauveria bassiana Bals) isolat lokal Kalimantan Timur dan isolat komersial.Penelitian dilakukan di lapangan dan di Laboratorium Hama Penyakit Tumbuhan  Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari lima perlakuan san lima ulangan. Perlakuan yang dingunakan yaitu dengan aplikasi Isolat Beauveria bassiana Bals lokal, Metarhizium anisopliae lokal, Beauveria bassiana Bals komersial, Metarhizium anisopliae komersial. Hasil penelitian menunjukan bahwa jamur entomopatogen (jamur Metarhizium anisopliae lokal, Beauveria bassiana Bals lokal, Metarhizium anisopliae komersial dan Beauveria bassiana Bals komersial) efektif dalam mengendalikan populasi Hama Kutu Aphis craccivora C.L. Koch. dan efektivitas jamur entomopatogen (jamur Metarhizium anisopliae dan Beauveria bassiana Bals) isolat lokal Kalimantan Timur dan isolat komersial tidak berbeda nyata dalam menekan populasi hama Kutu Daun Aphis craccivora C.L. Koch.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AG

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Agrifor Journal is a scientific journal that contains writings in the form of research results, book review, conceptual studies, and scientific works in the field of Agriculture and Forestry concerning relevant ...