Respati
Vol 17, No 1 (2022)

Analisa Perancangan Dan Penggunaan Sistem Penjualan Pada Pt. Tirta Varia Inti Pratama

Ong, Danny (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2022

Abstract

INTISARIPT. Tirta Varia Intipratama adalah salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bidang penjualan sangat penting untuk cepat dan tanggap dalam memperoleh informasi penjualan demi memantau keadaan penjualan dengan penyajian informasi penjualan yang sesuai dengan kebutuhan pihak eksekutif.Maka dengan adanya Sistem Informasi Eksekutif (EIS) Penjualan ini, pihak eksekutif dapat melihat informasi penjualan dengah mudah dimanapun dan kapanpun melalui akses internet. Untuk merancang Sistem Informasi Eksekutif (EIS) Penjualan di PT. Tirta Varia Intipratama yang menghasilkan informasi penjualan yang mudah dipahami pihak eksekutif dengan penyajian informasi penjualan melalui grafik dan tabel, dengan hal tersebut maka sangat memudahkan pihak eksekutif dalam memperoleh informasi penjualan secara lebih ringkas dan tepat sesuai kebutuhan sehingga mempermudah proses analisa dan pengambilan keputusan dibidang penjualan oleh pihak eksekutif. Sistem informasi eksekutif merupakan salah satu sistem informasi yang sangat diperlukan untuk perusahaan karena sangat membantu pihak eksekutif untuk menganalisis dan memberikan informasi dalam bentuk ringkas dan menampilkan data sesuai kebutuhan.Hal ini dilengkapi pada PT. Tirta Varia Intipratama yang dirasa perlu adanya Sistem Informasi Eksekutif (EIS) khususnya bidang penjualan karena PT. Tirta Varia Intipratama yang merupakan salah satu perusahaan distributor air minum dalam kemasan (AMDK) yaitu merk AQUA, MIZONE dan VIT.Yang memiliki 12 depo yang tersebar pada daerah Jakarta dan Tangerang sangat penting untuk cepat dan tanggap dalam memperoleh informasi penjualan demi memantau keadaan penjualan dengan penyajian informasi penjualan yang sesuai dengan kebutuhan pihak eksekutif Sales Development Manager, Sales Manager, Channel Manager, Branch Manager dan Sales Supervisor yaitu berfungsi sebagai bahan pertimbangan untuk menganalisis serta memberikan gambaran mengenai apa yang akan menjadi strategi penjualan kedepannya demi tercapainya sebuah target penjualan pada perusahaan.Metodologi penelitian yang digunakan yaitu Value Chain sehingga dapat diketahui kondisi PT. Tirta Varia Intipratama secara keseluruhan baik dari dalam maupun dari luar dan perancangan yang terstrukur mulai dari sistem yang diusulkan melalui UML (Unified Modeling Language) dan pengujian program yang diusulkan menggunakan Blackbox Testing. Ada pun perancangan aplikasinya menggunakan bahasa pemrograman PHP(PHP Hypertext Preprocessor) dengan Framework CodeIgniter (CI) dan pembuatan database pada MySQL. Hasil dari penelitian ini dapat memudahkan pihak eksekutif dalam menganalisis hasil penjualan dari proses bisnis yang berjalan.Kata kunci—Sistem Informasi Eksekutif, Analisis, Penjualan                                  ABSTRACTPT. Tirta Varia Intipratama as a private company that is engaged in sales.So it is important to be fast and responsive in obtaining sales information in order to monitor the state of sales by presenting sales information according to the needs of the executive. So with the Sales Executive Information System (EIS), the executive can view sales information easily anywhere and anytime via internet access. To design a Sales Executive Information System (EIS) at PT. Tirta Varia Intipratama which produces sales information that is easily understood by executives by presenting sales information through charts and tables, with this it greatly facilitates executives in obtaining sales information more concisely and precisely as needed so as to facilitate the analysis and decision making process in the sales sector the executive. The executive information system is one of the information systems that is indispensable for the company, because it really helps executives to analyze and provide information in a concise form and display data as needed. Likewise at PT. Tirta Varia Intipratama felt the need for an Executive Information System (EIS), especially in the sales sector because PT. Tirta Varia Intipratama, which is a distributor of bottled drinking water (AMDK), namely the AQUA, MIZONE and VIT brands. Which has 12 depots spread across Jakarta and Tangerang areas. So it is important to be quick and responsive in obtaining sales information in order to monitor the state of sales by presenting sales information according to the needs of the Sales Development Manager, Sales Manager, Channel Manager, Branch Manager and Sales Supervisor. That is to be used as a material for consideration to analyze and provide an idea of what will be a sales strategy in the future in order to achieve a sales target at the company. The research methodology used is analysis using Value Chain tools so that it can be seen the condition of PT. Tirta Varia Intipratama as a whole both from within and from outside and a structured design starting from the proposed system through UML (Unified Modeling Language) and testing the proposed program using Blackbox Testing. There is also application design using the PHP programming language (PHP Hypertext Preprocessor) with the CodeIgniter Framework (CI) and database creation on MySQL. The results of this study can make it easier for executives to analyze sales results from ongoing business processesKata kunci—Executive Information System, Analyst, Sales

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnaljti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi RESPATI ialah Jurnal Nasional bidang Informatika, Telekomunikasi, dan Elektronik. Jurnal terbitan berkala ilmiah nasional yang diterbitkan oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Respati Yogyakarta. Tujuan diterbitkannya Jurnal RESPATI adalah untuk ...