ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis youtube yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan ialah R&D model 4D, meliputi: (1) define yang mendefinisikan masalah, solusi dan kebutuhan. Fakta yang diperoleh dari studi lapangan ialah mahasiswa kesulitan dalam belajar matakuliah hitungan dengan pembelajaran online. Kemudian dilakukan analisis kebutuhan untuk menjawab permasalahan tersebut, yaitu mengembangkan media pembelajaran berbasis youtube untuk melengkapi fitur LMS yang disiapkan kampus. Selanjutnya dilakukan studi pustaka berkaitan dengan pengembangan media; (2) design membuat media pembelajaran berbasis youtube, membuat instrumen, menyusun pedoman penggunaan; (3) development, terdiri dari validasi expert, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil; (4) disseminate, menerapkan media di mata kuliah konsep dasar matematika. Berdasarkan tahapan penelitian tersebut, media pembelajaran berbasis youtube memenuhi kriteria kevalidan yang meliputi aspek tampilan, kepraktisan, dan aspek pedagogi. pembelajaran berbasis youtube dikatakan efektif karena hasil penilaian respon mahasiswa yang berada pada kategori sangat baik. Sedangkan aspek praktis respon mahasiswa berada pada kategori sangat baik dan jika diinterpretasikan berada pada kategori praktis. Media yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, efektif, dan sinkron digunakan di era pandemi Covid-19. Media pembelajaran berbasis youtube dapat dijadikan referensi pengelolaan pembelajaran menyenangkan, memotivasi, dan dapat meningkatkan hasil belajar.
Copyrights © 2021