Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 3 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Pengaruh Penerapan Remedial terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Kimia

Putri Rizkika Ramadani Hsb (Universitas Negeri Medan)
Asep Wahyu Nugraha (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2022

Abstract

Abstrak: Telah dilakukan penelitian untuk menganalisis pengaruh penerapan remedial terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA pada materi Hidrokarbon dengan tujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa yang tidak menerapkan remedial, (2) hasil belajar siswa setelah pembelajaran remedial. perlakuan remedial, (3) pengaruh penerapan remedial terhadap hasil belajar, dan (4) persepsi siswa terhadap pembelajaran hidrokarbon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata pretest adalah 62,22. (2) Setelah dilakukan remedial sebanyak 4 kali (5 kali posttest) diperoleh hasil: posttest 1 dengan rata-rata 75,28, posttest 2 dengan rata-rata 72,22, posttest 3 dengan nilai rata-rata 78,18, posttest 4 dengan rata-rata 90, dan posttest 5 dengan nilai 70. (3) pengaruh remedial terhadap hasil belajar siswa terlihat dari penurunan siswa yang mengikuti kelas remedial dan juga nilai rata-rata yang meningkat secara bertahap untuk setiap remedial yang dilakukan. (4) Berdasarkan hasil angket yang diberikan, dapat disimpulkan bahwa siswa pada kedua kelas eksperimen menyukai pembelajaran kimia. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi siswa terhadap pembelajaran kimia cukup baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educenter

Publisher

Subject

Education

Description

Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, mencakup bidang penelitian pendidikan dalam proses belajar mengajar, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, dan pengembangan ...