ABDIMAS SILIWANGI
Vol 5, No 1: Februari 2022

PELATIHAN MENDELEY SEBAHAI DITEKSI PLAGIARISME PADA PENULISAN KARYA TULIS SISWA SMK

Ida Lisdawati (IKIP SILIWANGI)
Ula Nisa El Fauziyah (Unknown)
Citra Ambhara (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2022

Abstract

Penulisan karya tulis ilmiah dewasa ini menjadi sebuah keharusan pada tingkat pendidikan tinggi yang dapat digunakan sebagai persyaratan sidang baik untuk skripsi, tesis maupun desertasi. Pada penulisannya, sebuah karya tulis seharusnya dibentuk dari pemikiran yang berlandaskan kepada disiplin ilmu yang berhubungan dengan data yang digunakan. Kurangnya pemahaman penulis tentang cara mengutip pemikiran orang lain baik dalam bentuk ide maupun pernyataan, menjadikan penulis melakukan penjiplakan karya tulis orang lain yang disebut dengan plagiarisme. Berdasarkan pemahaman tersebut, maka tim berupaya untuk mengedukasi peserta untuk dapat menggunakan sebuah aplikasi yang dapat membantu mereka dalam menghindari plagiarisme yaitu pelatihan Mendeley. Kegiatan ini meliputi tiga Langkah yaitu perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan pelatihan. Selama berlangsungnya kegiatan pelatihan ini, respons yang diberikan oleh peserta sangat baik. Salah satu alasannya karena aplikasi Mendeley ini belum begitu diketahui dan dipahami oleh peserta terutama siswa kelas XI. Kesimpulan yang didapat selama berlangsungnya kegiatan ini adalah peserta semakin paham dengan pentingnya menghindari plagiarisme dalam kegiatan penulisan laporan akhir mereka dan pentingnya pencantuman nama sumber sebagai bentuk penghargaan kepada penulis asli.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdimas-siliwangi

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Journal of Abdimas Siliwangi IKIP Siliwangi aims to publish the results of the study of learning theory, the results of community service in the field of education. The manuscripts contained in this journal include the study of theories in the field of teaching and learning process education, as ...