ABDIMAS SILIWANGI
Vol 5, No 1: Februari 2022

PELATIHAN KONSELING COGNITIVE-BEHAVIORAL BERBASIS VIDEO CONFERENCE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI CALON KONSELOR YANG PROFESIONAL DI JAWA BARAT

Siti Fatimah (IKIP Siliwangi)
Ardian Renata Manuardi (Unknown)
Rini Meilani (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2022

Abstract

Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang konselor mencakup kompetensi akademik dan profesional sebagai satu keutuhandan menjadi hal wajib yang harus dikuasai oleh seorang Guru Bimbingan dan Konseling maupun profesional konselor. Kompetensi yang perlu dimiliki berkaitan dengan penguasaan teori dan praktik. Pengabdian ini dilaksanakan untuk memberikan pelatihan konseling cognitive-behavioral sebagai upaya peningkatan kompetensi calon konselor yang profesional yaitu dengandiberikan pelatihan terkait cara: 1). menantang keyakinan irasional; 2). membingkai kembali isu; 3). mengulang kembali penggunaan beragam pernyataan diri dalam role play; 4). mencoba penggunaan berbagai pernyataan diri yang berbeda dalam situasi riil; 5). mengukur perasaan; 6). menghentikan pikiran ketimbang membiarkan pikiran cemas “mengambil alih”. Dalam pelatihan ini, subjek yang mengikuti pelatihan ini terdiri dari guru Bimbingan dan Konseling yang berasal dari daerah Cimahi, Kab. Bandung, Kab. Garut, Kab. Bandung Barat, Kota Bandung, dan Kab. Cianjur yang berjumlah 146 orang berdasarkan pada kecukupan referensi tentang kualifikasi akademik yang didapat dari data-data akademik subjek. Dalam alur rancangan pemberian pelatihan, terdapat beberapa langkah model pelatihan klasik yang telah diadaptasi ke dalam model pelatihan ini, yaitu: 1). mengidentifikasi peserta; 2). menetapkan kesenjangan kebutuhan; 3). mempersiapkan kebutuhan pelatihan; 4). melaksanakan kegiatan pelatihan; 5). evaluasi hasil pelatihan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdimas-siliwangi

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Journal of Abdimas Siliwangi IKIP Siliwangi aims to publish the results of the study of learning theory, the results of community service in the field of education. The manuscripts contained in this journal include the study of theories in the field of teaching and learning process education, as ...