ABDIMAS SILIWANGI
Vol 5, No 1: Februari 2022

GERAKAN LITERASI UNTUK MENINGKATKAN GEMAR MEMBACA SISWA DI SMPN 1 BATU JAJAR

Latifah Latifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2022

Abstract

Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh semua orang. Pada dasarnya, setiap orang mempunyai tujuan dalam membaca. Apabila kita memiliki tujuan jelasdalam kegiatan membaca, hal tersebut akan kita lakukan dengan baik. Oleh karena itu, minat baca harus ditumbuhkan sejak dini. Anak usia SD/MI harus sudah membiaskan membaca. Kegiatan membaca untuk anak-anak selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan, kegiatan membaca ini juga akan membuat anak lebih kreatif dan mampu berpikir kritis. Anak menjadi mampu mengembangkan konsep bacaan yang mereka baca dengan bahasa mereka sendiri dan anak akan mampu menilai isi buku/ materi yang terdapat dalam buku. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada guru di SMPN 1 Batu Jajar, minat siswa dalam kegiatan membaca masih rendah, hal ini terbukti dari respon siswa Ketika diberi bahan bacaan oleh guru hanya beberapa siswa yang membaca, data ini didapatkan Ketika pembelajaran online dilaksanakan kemudian guru menugaskan siswa untuk membaca dan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan siswa kurang responsif sehingga diperlukan solusi yang tepat guna untuk menyelesaikan permasalahan ini. Solusi yang ditawarkan oleh tim pengabdi kepada guru di SMPN 1 Batu Jajar adalah memberikan pelatihan dan pendampingan membuat media bacaan yang menarik seperti teks bacaan yang ditampilkan menggunakan video, slide PPT atau di upload ke youtube, diharapkan dengan pelatihan dan pendampingan ini minat baca siswa dapat meningkat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdimas-siliwangi

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Journal of Abdimas Siliwangi IKIP Siliwangi aims to publish the results of the study of learning theory, the results of community service in the field of education. The manuscripts contained in this journal include the study of theories in the field of teaching and learning process education, as ...