ABDIMAS SILIWANGI
Vol 5, No 1: Februari 2022

PELATIHAN PENGGUNAAN BANDICAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE YANG INTERAKTIF BAGI GURU SMA DI HUTABAYURAJA

Siagian, Gunaria (Unknown)
Simanjuntak, Hendra (Unknown)
Purba, Natalina (Unknown)
Situmorang, Masni Veronika (Unknown)
Tambunan, Lois Oinike (Unknown)
Sianturi, Monalisa Frince (Unknown)
Silalahi, Mastiur Verawaty (Unknown)
Gusar, Martua Reynhat Sitanggang (Unknown)
Pasaribu, Sunggul (Unknown)
Tambunan, Janwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2022

Abstract

Kegiatan pengabdian  kepada masyarakat ini bertujuan agar guru-guru dapat menggunakan aplikasi Bandicam saat masa pembelajaran online yang dilakukan pada pandemic covid-19. Keterampilan pengelolaan pembelajaran secara daring sangat perlu didukung dengan keterampilan membuat instrumen pembelajaran daring salah satunya dengan pembuatan video pembelajaran. Video pembelajaran diperlukan sekali dalam pembelajaran daring, karena manfaatnya yaitu bersifat komunikatif dan dapat diulang-ulang, diperlambat, diperbesar. Bandicam ini merupakan salah satu media interaktif yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran secara  online, karena pada bandicam  terdapat video  dimana guru dapat menjelaskan  materi dengan tepat dan jelas. Metode pengabdian menggunakan ceramah tutorial dengan bantuan Power Point, aplikasi Bandicam  dan diskusi dengan peserta. Peserta kegiatan merupakan 17 orang  peserta yang terdiri dari guru-guru SMA. Hasil dari kegiatan ini adalah :1) guru menjadi lebih percaya diri dan termotivasi menggunakan teknologi, 2) guru dapat merancang dan membuat video pembelajaran  sederhana yang menarik sesuai tema dan kebutuhan peserta didik dengan menggunakan Bandicam 3) guru dapat merancang video interaktif dan melibatkan anak dalam pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdimas-siliwangi

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Journal of Abdimas Siliwangi IKIP Siliwangi aims to publish the results of the study of learning theory, the results of community service in the field of education. The manuscripts contained in this journal include the study of theories in the field of teaching and learning process education, as ...