Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 10, No 1 (2022)

IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DUA DIMENSI DI SMA KECAMATAN LOURA DAN KOTA TAMBOLAKA

Melkianus Suluh (STKIP Weetebula)
Yuliana Sesi Bitu (STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan dan pencapaian kemampuan berpikir dua dimensi pada mata pelajaran fisika di SMA Kecamatan Kota Tambolaka dan Kecamatan Loura Sumba barat Daya. Penelitian ini merupakan penelitian survei evaluasi dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian diketahui implementasi kemampuan berpikir dua dimensi belum terlaksana secara maksimal. Pembelajaran lebih diarahkan pada pencapaian kompetensi dimensi pengetahuan. Dimensi kompetensi keterampilan belum maksimal dilaksanakan disebabkan keterbatasan sarana dan prasarana, alokasi waktu pembelajaran, kesibukan guru melaksanakan tugas-tugas tambahan, serta situasi pandemic covid-19. Instrumen evaluasi pengukuran hasil belajar didominasi oleh instrumen penilaian pengetahuan terutama pencapaian level C1 hingga C3. Instrumen penilaian level kognitif C4 hingga C5 belum dikembangkan secara maksimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...