Jurnal Basicedu
Vol 6, No 3 (2022): June Pages 3200-5500

Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar

Novialita Angga Wiratama (Universitas PGRI Ronggolawe Tuban)
Iis Daniati Fatimah (Universitas PGRI Ronggolawe Tuban)
Evita Widiyati (Universitas Hasyim Asy’ari)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2022

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia adalah salah satu sarana dalam pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia terutama kegiatan literasi di jenjang sekolah dasar. Wujud literasi di SD salah satunya adalah kegiatan menulis. Kegiatan menulis merupakan upaya seseorang untuk menghasilkan sebuah tulisan. Tahapan dalam menulis deskripsi antara lain, tahap prapenulisana (persiapan), penulisana (pengembangan isi tulisan), dan apascapenulisan. Hasil penelitian pada 33 siswa kelas V SD Sumberjo 1 siswa yang ktuntas dalam menulisa belajar yaitu 81,8% dan yang belum tuntas 18,1% dari seluruh siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada pertemuan pertamat siklus III siswa tuntasa dalam keterampilan pmenulis secaral klasikal. Kesimpulannya bahwa dengan adanya menggunakan Pendekatan Kontekstual bisa meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SDN Sumberjo 1 Kecamatan Widang Kabupaten Tuban.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...