Jurnal Basicedu
Vol 6, No 3 (2022): June Pages 3200-5500

Perspektif Guru: Pelatihan dan Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook untuk Diterapkan dalam Pembelajaran Sekolah Dasar pada Pandemi Covid-19

Tri Septianto (Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo)
Evi Mahsunah (Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo)
Arie Widya Murni (Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Pendidikan adalah upaya sadar untuk memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik dengan tujuan mempersiapkan peserta didik untuk masa depan, memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mewujudkan falsafah ilmu pengetahuan dan teknologi pemikiran bangsa Indonesia. Pandemi Covid-19 merupakan krisis kesehatan yang melanda sebagian besar wilayah di dunia. Pandemi ini berdampak pada berbagai sektor, salah satunya adalah pendidikan. Kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka digantikan oleh pembelajaran jarak jauh secara daring. Pada penelitian ini dilakukan observasi terkait pembelajaran daring yang telah berjalan. Dari hasil observasi ditemukan permasalahan yaitu kompetensi guru dan referensi media pembelajaran untuk digunakan saat pembelajaran daring. Sehingga untuk dilakukan eksperimen untuk kedua permasalahan tersebut. Topik eksperimen yang dipilih adalah flipbook. Dari hasil evaluasi eksperimen tersebut bisa disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook relevan untuk digunakan dalam pembelajaran daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...