Jurnal Basicedu
Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199

Efektivitas Penggunaan Media Komik Edukasi Bermuatan Budaya Jawa dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar

Endah Yuliana Lestari (Universitas Sebelas Maret)
Dewi Shinta (Universitas Sebelas Maret)
Joko Susilo (Universitas Sebelas Maret)
Khoirulloh Khoirulloh (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Membaca pemahaman merupakan keterampilan yang sangat diperlukan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, salah satunya pada jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media komik edukasi bermuatan budaya jawa dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa SD Bratan 02 Surakarta. Sementara itu, sampel penelitian adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 12 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang berjumlah 12 siswa sebagai kelas kontrol. Analisis data dengan teknik statistika deskriptif meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji beda independent test menggunakan software SPSS versi 25 untuk windows 10. Diperoleh hasil pengolahan data menggunakan uji beda independent t-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,008<0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat perbedaan rata-rata signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa media komik efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...