Latar belakang penelitian adalah SD Negeri 2 Kopen merupakan sekolah penyelenggara inklusi, terdapat 4 siswa slow learner, dalam pembelajaran tematik terintegrasi saat pembelajaran tatap muka terbatas mengalami kendala dan siswa belum memperoleh kebermaknaan pembelajaran. Tujuan penelitian mendeskripsikan 1) perencanaan, 2) pelaksanaan 3) evaluasi pembelajaran tematik terintegrasi siswa Slow learner. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mendapatkan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Creswell. Kesimpulan penelitian adalah 1) perencanaan dilakukan dengan pengelolaan kelas secara fisik, mempersiapkan perangkat pembelajaran secara lengkap terpadu, memperhitungkan waktu dan kondisi kelasĀ 2) pelaksanaan dilakukan dengan memilih metode pembelajaran , mengikuti alur RPP dengan baik yang terdiri daripendahuluan, inti, penutup, menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan, memaksimalkan peran guru sebagai fasilitator, melaksanakan Progam Pembelajaran Individual serta tutorial sebaya.3) evaluasi dilakukan dengan strategi pemberian soal yang sesuai dengan kondisi siswa. Keterbaharuan penelitian ini adalah masih jarang peneliti yang meneliti pembelajaran tematik terintegrasi pada siswa slow learner saat Pembelajaran Tatap Muka Terbatas ( PTMT )
Copyrights © 2022