Jurnal Transformatika
Vol 19, No 2 (2022): January 2022

Implementasi Algoritma C5.0 untuk menentukan Pelanggan Potensial di Kantor Pos Cimahi

Nisa Hanum Harani (Politeknik Pos Indonesia)
Woro Isti Rahayu (Politeknik Pos Indonesia)
Fanny Shafira Damayanti (Politeknik Pos Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2022

Abstract

Kantor Pos Cimahi merupakan perusahaan BUMN yang bergerak pada bidang jasa pengiriman barang. Saat ini banyak perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman barang, sehingga menyebabkan banyaknya pesaing bagi Kantor Pos Cimahi dan dapat menyebabkan pelanggan yang menggunakan jasa Kantor Pos Cimahi berkurang. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem yang dapat membantu Kantor Pos Cimahi untuk dapat menentukan pelanggan potensial agar dapat diketahui pelanggan mana yang potensial sehingga dapat diberikan perlakuan khusus agar pelanggan tersebut tetap menggunakan jasa Kantor Pos Cimahi. Sistem yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan metode Algoritma C 5.0 yang merupakan salah satu algoritma pohon keputusan yang dapat membantu untuk menentukan pelanggan potensial. Penelitian menggunakan data transaksi periode bulan januari – oktober 2020 dimana atribut yang digunakan yaitu bulan, nama perusahaan, jenis kiriman yang digunakan, jumlah transaksi selama sebulan, dan total uang. Hasil penelitian menunjukan bahwa algoritma C 5.0 mampu melakukan menentukan data pelanggan potensial dengan akurasi sebesar 96%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TRANSFORMATIKA

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Transformatika is a peer reviewed Journal in Indonesian and English published two issues per year (January and July). The aim of Transformatika is to publish high-quality articles of the latest developments in the field of Information Technology. We accept the article with the scope of Information ...