Jatilima : Jurnal Multimedia Dan Teknologi Informasi
Vol. 2 No. 1 (2020): Jatilima

Penerapan Model Protokol Aaa (Authentication, Authorization, Accounting) Pada Keamanan Jaringan Komunikasi Wan (Wide Area Network)

Abdul Sani Sembiring (Stmik Budidarma)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2022

Abstract

Keamanan adalah aspek paling kritis dari sebuah jaringan komputer—baik dalam jaringan yang bersifat lokal maupun tidak. Masalah utama yang sering dijumpai pada jaringan komputer antara lain perusakan perangkat sistem, akses informasi, perubahan pengetahuan, dan penghapusan data oleh orang yang tidak berhak atas informasi tersebut. Perkembangan teknologi, untuk saat ini hampir semua instansi telah menggunakan jaringan komputer seperti WAN, dimana fungsinya dapat menghubungkan jaringan LAN dalam wilayah geografis yang luas serta dapat melakukan pertukaran paket data dan frame antara router dan switch. Model protokol AAA (Otentikasi, Otorisasi, Akuntansi) dapat digunakan satu per satu atau digabungkan sesuai kebutuhan. Menggunakan model jaringan ini akan jauh lebih aman daripada hanya menggunakan satu proses keamanan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jatilima

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JATILIMA merupakan jurnal yang terbit dua nomor dalam satu volume (tahun), yaitu Peridoe I Bulan April dan Periode II Bulan Oktober. JATILIMA mempublikasikan tulisan-tulisan ilmiah hasil pemikiran, studi literatur, dan penelitian dalam bidang Ilmu Komputer. JATILIMA merupakan jurnal dengan sistem ...