INSPIRATIF JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 8, No 2 (2022): Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DI KELAS VIII MTS AL-JAM’IYATUL WASHLIYAH TEMBUNG

Triana Ardianti . (Universitas Negeri Medan)
Katrina Samosir . (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis Blended Learning lebih tinggi dari kemampuan komunikasi matematika yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi koordinat kartesius di Kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung T.A. 2021/2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan terpilih kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen  dan kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Alat pengumpul data digunakan data posttest dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian selama dua kali pertemuan, diperoleh nilai rata-rata sebesar 86 pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,83. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, diperoleh thitung = 5,425 dan ttabel = 1,671 dengan = 0,05 dan dk = n1 + n2 -2 = 58. Ternyata thitung > ttabel yaitu 5,425 > 1,671 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima maka diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbasis Blended Learning lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan koordinat kartesius di kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung T.A. 2021/2022. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematik, Eksperimen Semu, Think Pair Share, Blended LearningABSTRACTThis study aims to determine whether the mathematical communication skills of students who are taught the Think Pair Share (TPS) cooperative learning model based on Blended Learning are higher than the mathematical communication skills of those taught using the conventional learning model on Cartesian coordinates in Class VIII MTs Al-Jam'iyatul. Washliyah Tembung T.A. 2021/2022. The population of this study were all students of class VIII. Sampling was done by cluster random sampling and selected class VIII-6 as the experimental class and class VIII-1 as the control class. This type of research is a quasi-experimental. The data collection tool used posttest data in the form of a description. From the results of the study for two meetings, an average value of 86 in the experimental class and control class obtained an average value of 73.83. To test the hypothesis, the t-test was used, obtained tcount = 5.425 and ttable = 1.671 with = 0.05 and dk = n1 + n2 -2 = 58. It turns out that tcount > ttable i.e. 5.425 > 1.671 which means H0 is rejected and Ha is accepted, so the conclusion is obtained that the communication skills of students taught by the Think Pair Share (TPS) Cooperative learning model based on Blended Learning are higher than students taught by conventional learning models on the subject of Cartesian coordinates in class VIII MTs Al-Jam'iyatul Washliyah Tembung T.A. 2021/2022.Keywords: Mathematical Communication Ability, Quasi Experiment, Think Pair Share, Blended Learning 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

INSPIRATIF Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel tulisan dari hasil penelitian, kajian teoritis atau pemikiran inovatif di bidang pendidikan matematika dan/atau pembelajaran baik di sekolah, perguruan tinggi dan kehidupan ...