EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran
Vol 3 No 1 (2022): Edisi Januari 2022

UPAYA MENINGKATKAN SAINTIFIF PADA PEMBELAJARAN SENI TARI KELAS XI Di SMK NEGERI 1 KUOK KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2021

nurnaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Pendekatan saintifik adalah pendekatan pembelajaran melalui tahapan ilmiah dengan menghasilkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, ketrampilan, serta pengetahuan yang terintegrasi. Adanya permasalahan yag dialami peserta didik terhadap seni tari sebelumnya, diantaranya yaitu pembelajaran yang masih bersifat verbalisme. Permasalahan yang dikaji yaitu bagaimanakah penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran seni tari kelas XI IS 1 di SMK Negeri 1 Kuok dan faktor apa saja yang mempengaruhinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran seni tari di kelas XI IS 1 di SMK Negeri 1 Kuok. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai pijakan referesi penerapan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Seni Tari Kelas XI IS 1 Di SMK Negeri 1 Kuok, menggunakan 3 tahapan umum, yaitu tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan yang terdiri dari mengamati, menanya, menalar, mencoba, membuat jejaring, dan terakhir tahapan evaluasi. Pembelajaran seni tari melewati 3 (tiga) langkah yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Pendekatan saintifik juga memiliki faktor yang mendukung dan menghambat dalam penerapan yang dibagi dari segi internal dan ekternal. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat penulis berikan adalah kepada SMK Negeri 1 Kuok agar guru perlu menyesuaikan alokasi waktu, siswa harus lebih aktif lagi dalam proses belajar mengajar, serta diadakannya tempat khusus untuk menari sehingga proses pembelajaran seni tari tidak terganggu oleh acara sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eduteach

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran (EDUTEACH) adalah sebuah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Unit Pelaksana Praktik Kependidikan Terpadu (UP2KT) FKIP Universitas Muhammadiyah Riau. Jurnal Eduteach terdaftar pada PDII LIPI dengan Nomor ISSN 2715-9779 (Online) dan 2715-9760 ...