Jurnal Al-Fikrah
Vol 5 No 2 (2016): Jurnal Al-Fikrah

Kerja Sama Da‘I dan Ibu Asuh Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja: (Studi Analisis Terhadap Remaja Penyalahgunaan HP di Yayasan SOS)

Khairun Asyura (Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2016

Abstract

Kenakalan remaja merupakan fenomena yang mengkhawatirkan semua pihak, apalagi mengenai munculnya HP yang serba modern, terutama bagi remaja yang salah menggunakannya, sehingga perlu tegaknya kerja sama yang efektif, khususnya antara Da’i dan Ibu Asuh SOS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran serta fungsi Da’i dan Ibu Asuh, dan bagaimana aturan-aturan yang di berlakukan oleh SOS terhadap remaja terkait penggunaan HP, selanjutnya untuk mengetahui kendala-kendala Da’i dan Ibu Asuh, serta untuk mengetahui bentuk kerja sama Da’i dan Ibu Asuh dalam mengatasi remaja penyalahgunaan HP. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif (Field Research), dengan pendekatan kualitatif. Dalam artian menggambarkan situasi dan kondisi yang terjadi pada Da’i dan Ibu Asuh, kemudian menganalisis. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran serta fungsi Da’i dan Ibu Asuh sangat efektif. Bentuk aturan terkait penggunaan HP pada remaja tidak ada secara tertulis, jenis HP yang dibolehkan selain HP Smartphone, berbeda dengan remaja putra yang di asuh oleh pembina tidak ada aturan, artinya bebas menggunakan jenis HP apa saja. Adapun kendala yang dihadapi Da’i dan Ibu Asuh secara umum dari faktor internal dan eksternal. Dari Pembina remaja tidak mempunyai kendala apapun. Kemudian kerja sama yang terbentuk menggunakan interaksi sosial, namun antara Da’i dan Ibu interaksinya kurang, hanya dengan seorang ustaz saja, tujuannya saja yang sama yaitu untuk mewujudkan remaja sehat jasmani, rohani dan sosial sehingga remaja terbebas dari penyalahgunaan HP.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jiaf

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal al-Fikrah merupakan jurnal ilmiah yang memuat naskah di bidang hukum, pendidikan dan dakwah Islam. Terbit Pertama Volume 1 Nomor 1 Bulan Juni Tahun 2012 secara cetak. Kemudian Tahun 2020 baru diterbitkan dalam versi Online. Ruang lingkup dari Jurnal al-Fikrah berupa hasil penelitian dan ...