STRATEGIC
Vol 21, No 2 (2021): Strategic

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA UPI BERWIRAUSAHA

Lisnawati Lisnawati ([ID SCOPUS : 57193790043] Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Dwika Prilla Kartin (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

UPI sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang turut serta dalam usaha peningkatan jumlah wirausaha di Indonesia belum cukup menyumbang jumlah wirausaha. Meskipun diadakannya berbagai kegiatan yang diharapkan dapat mendorong mahasiswanya untuk berwirausaha, namun tetap saja pada akhirnya minat untuk memulai berwirausaha masih cukup rendah dan tidak cukup untuk mengatasi pengangguran yang ada di Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk 1) Memperoleh temuan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha pada Mahasiswa UPI Angkatan 2009 dan 2010, 2) Memperoleh temuan mengenai analisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi minat berwirausaha pada Mahasiswa UPI Angkatan 2009 dan 2010, 3) Memperoleh temuan mengenai hasil faktor-faktor berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Angkatan 2009 dan 2010. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha dan minat berwirausaha. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, verivikatif, dan metode yang digunakan adalah explanatory survey dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling, dengan jumlah sampel 120 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan regresi linier sederhana dengan bantuan software komputer SPSS 21.0.Berdasarkan hasil penelitian melalui analisis faktor dari faktor-faktor pembentuk minat, yang paling dominan dalam proses pembentukan minat berwirausaha adalah Entrepreneurial Teaching Method. Hasil akhir menunjukkan terdapat pengaruh dariĀ  faktor-faktor pembentuk minat terhadap minat berwirausaha.

Copyrights © 2021