Jurnal Pendidikan Sains
Vol 9, No 1: March 2021

Commognitive Students During Discussion Activities in Solving Skewness and Kurtosis Problems

Evi Lutviana (Mathematics Education-Universitas Negeri Malang)
Toto Nusantara (Mathematics Education-Universitas Negeri Malang)
Sudirman Sudirman (Mathematics Education-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2022

Abstract

Abstract: The purpose of this study, is to analyze students' commognitive activities during discussion activities in solving skewness and kurtosis questions. The research method used in this research is descriptive qualitative for semester 3 students of State University of Malang in the 2020-2021 academic year. Based on the results of the analysis of the completion of LKM 1 and LKM 2, all groups consisting of 17 groups have not met the commognitive component. So that KPL students randomly took several groups, namely group 1 and group 15 as research subjects. Their SK1 does not interpret the final result and then SK1 also does not reflect its skewness and kurtosis curves. Whereas for SK15 they also had errors in writing the symbols from the range, then their SK15 also did not describe the skewness and kurtosis curves, and SK15 also had errors in writing the formulas for the size of the location and errors in using the formula to find the value of the kurtosis. Abstrak: Tujuan dari penelitian ini, untuk menganalisis commognitive mahasiswa pada saat aktivitas diskusi dalam menyelesaikan soal skewness dan kurtosis. Metode penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk mahasiswa semester 3 Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2020-2021. Berdasarkan hasil analisis penyelesaian LKM 1 dan LKM 2 semua kelompok yang terdiri dari 17 kelompok ternyata masih belum memenuhi komponen commognitive. Sehingga mahawiswa KPL mengambil secara acak beberapa kelompok yaitu kelompok 1 dan kelompok 15 sebagai subjek penelitian. Kesimpulan hasil analisisnya SK1 mereka tidak menginterpretasikan hasil akhir dari perhitungannya dan kemudian SK1 juga tidak menggambarkan kurva skewness dan kurtosis. Sedangkan untuk SK15 mereka ada kesalahan dalam menuliskan simbol dari range, banyak kelas dan panjang kelas, kemudian SK15 mereka juga tidak menggambarkan kurva skewness dan kurtosis, dan SK15 juga ada kesalahan dalam menuliskan rumus ukuran letak dan  dan kesalahan dalam menggunkan rumus mencari nilai kurtosisnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains (JPS) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan sains baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan Sains ...