Jurnal Dimensi
Vol 11, No 1 (2022): JURNAL DIMENSI (MARET 2022)

PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Widodo Ismanto (Universitas Riau Kepulauan, Batam)
T. Munzir (Unknown)
Rona Tanjung (Unknown)
Linayati Lestari (Unknown)
Erwin Ashari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan tiga variabel bebas yaitu kualitas produk, harga, dan promosi, dengan satu variabel terikat yaitu keputusan pembelian. Penggunaan variabel dalam penelitian ini diharapkan proses yang ditempuh dan faktor-faktor apa saja yang mendorong terciptanya keputusan pembelian obat tetes mata merk Rohto Cool. Ini adalah sampel penelitian konsumen pada PT. Kebayoran Pharma Batam. Sampel diambil dengan teknik probability sampling dan menggunakan perhitungan Slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Metode analisis dokumen yang digunakan adalah analisis kuantitatif, uji reliabilitas dan validitas, uji asumsi klasik, uji t dan uji F, koefisien determinasi dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: secara parsial variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai uji T sig 0,339 0,05, variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai uji T sig 0,0000,05, serta variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai uji T sig 0,281 0,05. Berdasarkan perhitungan uji F, secara simultan variabel kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0,000 Sig F 0,05.

Copyrights © 2022