InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)
Vol 6, No 2 (2022): InfoTekJar Maret

Sistem Informasi Geografis Pemetaan dan Pengelompokan Balita Berpotensi Gizi Buruk Tertinggi pada Wilayah Kota Prabumulih Menggunakan Metode K-Means Clustering ( Studi Kasus : Dinas Kesehatan Kota Prabumulih )

Resti Atika Rani (Politeknik Negeri Sriwijaya)
Leni Novianti (Politeknik Negeri Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2022

Abstract

Gizi Buruk merupakan salah satu penyakit yang di khawatirkan oleh Indonesia, bukan hanya beban pemerintah, namun beban pada keluarga. Hal ini tentu saja menjadi perhatian juga bagi pemerintah daerah, termasuk Kota Prabumulih. Dinas Kesehatan menajdi dasar pelaporan bagian kesehatan keluarga serta gizi masyarakat Kota Prabumulih, pada tahun 2019 jumlah kasus gizi buruk pada balita mencapai 1%. Dan untuk memaksimalkan pemantauan kesehatan pada balita agar tidak berpotensi gizi buruk maka dilakukan pengelompokan (clustering) tersebut menggunakan algoritma K- Means dimana mmepunyai tujuan dalam menyediakan data teruntuk pihak dimana mempunyai keterkaitan pada pelaksanaan keputusan yang diambilkan. Metode pengembangan sistem yang di gunakan yaitu eXtreme Programming (XP). Data yang di gunakan adalah rekapan data balita berpotensi gizi buruk dari tahun 2018 – 2020. Pada studi ini, ditemukan suatu penemuan bahwa cluster (kelompok) berwilayah persebaran kasus balita berpotensi gizi buruk dengan tingkatan C1 untuk daerah tinggi potensi gizi buruk, C2 untuk daerah menengah potensi gizi buruk, untuk C3 untuk daerah rendah potensi gizi buruk.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

infotekjar

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Merupakan jurnal yang dikelola oleh program studi teknik informatika Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), jurnal ini membahas ilmu dibidang Informatika dan Teknologi jaringan, sebagai wadah untuk menuangkan hasil penelitian baik secara konseptual maupun teknis yang berkaitan dengan ilmu ...