Daya Saing : Jurnal Ilmu Manajemen
Vol 8 No 1 (2022)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. ASURANSI BINTANG TBK, CABANG PEKANBARU

Mikha Hotnauli Marbun (Universitas Lancang Kuning)
Arizal N (Universitas Lancang Kuning)
Masirun Masirun (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Asuransi Bintang Tbk Cabang Pekanbaru yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang asuransi kerugian yang berlokasi di Kompleks Perkantoran Sudirman Raya Blok C No 12 Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Dengan menawarkan beberapa produk andalannya, salah satunya adalah asuransi kendaraan bermotor. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Asuransi Bintang Tbk Cabang Pekanbaru”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Asuransi Bintang Tbk Cabang Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengguna Asuransi Kendaraan Bermotor di Asuransi Bintang Tbk Cabang Pekanbaru. Sampel yang digunakan adalah jumlah nasabah/pengguna jasa Asuransi Kendaraan Bermotor tahun 2019 sebanyak 313 orang, dengan menggunakan rumus slovin dari 313 populasi pemegang polis sehingga menjadi 76 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan model regresi linier berganda. Dengan perhitungan manual atau menggunakan sistem SPSS yang memperkuat hasil perhitungan. Hasil pengujian mengidentifikasi lima variabel yang dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, yaitu keandalan (x1), daya tanggap (x2), keamanan (x3), empati (x4) dan bukti fisik (x5). Variabel bukti fisik (X5) ditemukan memiliki angka tertinggi dan beta tertinggi. Bukti fisik memiliki pengaruh yang paling kuat dibandingkan dengan variabel lain dan memiliki pengaruh yang dominan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan hasil R Square menunjukkan bahwa kontribusi kualitas pelayanan terhadap kepuasan adalah 38,2%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dayasaing

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Other

Description

Jurnal Daya Saing (Online ISSN: 2541-4356 | Print ISSN : 2407-800X) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in February, June and October. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications ...