Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 5 (2022)

Pola Komunikasi dalam Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Ruliana Fajriati (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Na'imah Na'imah (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Hibana Hibana (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Khamim Zarkasih Putro (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Labziah Labziah (Madrasah Tsanawiyah Nahdhatus Shibyan Riau)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2022

Abstract

Salah satu usaha membatasi penyebaran Covid-19 yaitu dengan melaksanakan proses belajar mengajar secara daring melalui aplikasi whatsapp, zoom dan lain-lain. Tujuan penelitian ini menganalisa pola komunikasi guru dan anak dalam proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini berupa penelitian studi kasus dengan metode kualitatif. Proses mengumpulkan data dilakukan dengan mengamati RPPH dan RPPM, mewawancarai guru, kepala sekolah, dan orang tua serta mengobservasi proses pembelajaran. Pengolahan dan analisis data yaitu mereduksi data dengan menyeleksi, menyederhanakan dan membuat abstraksi data tulis dan lisan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai pola komunikasi dalam proses pembelajran. Kemudian data disajikan agar memperoleh kesimpulan akhir dari penelitian. Adapun hasilnya yaitu pola komunikasi yang dilaksanakan di TK Negeri 6 Pekanbaru adalah pola komunikasi searah, dua arah dan multi arah. Namun komunikasi guru dan anak didik dalam proses ini tidak cukup mampu membangun proses pembelajaran yang berkualitas di TK Negeri 6 Pekanbaru

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...