Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 5 (2022)

Penerapan Cooperative Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar pada Siswa Usia 7-8 Tahun

Tri Bayu Norito (Pendidikan Jasmani, Universitas PGRI Palembang)
Siti Ayu Risma Putri (Pendidikan Jasmani, Universitas PGRI Palembang)
Dede Dwiyansyah Putra (Pendidikan Jasmani, Universitas PGRI Palembang)
Mutiara Fajar (Pendidikan Jasmani, Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2022

Abstract

Sebagian besar anak-anak belum mencapai tingkat gerak dasar yang maksimal karena minimnya kesempatan untuk latihan dan aktivitas gerak yang menurun menyebabkan gerak dasar menjadi lemah dalam gerakan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Cooperative Learning dalam meningkatkan keterampilan gerak dasar pada siswa sekolah dasar (SD). Metode penelitian ini adalah survey. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data adalah observasi dan angket dengan menggunakan skala likert. Subjek penelitian ini adalah 10 guru pendidikan jasmani dengan jumlah siswa 60 orang di kelas 1 sekolah dasar dengan menggunakan teknik cluster sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran gerak dasar berbasis Cooperative Learning dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar anak usia 7-8 tahun, dilihat dari tingkat kepuasan yaitu pada persentase 91,2 % yang berada pada kriteria baik dengan kata lain penerapan Cooperative Learning mampu meningkatkan keterampilan gerak dasar anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...