Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM]
Vol. 6 No. 2 (2022): April

Persepsi terhadap Proses Pengorganisasian Komunitas dalam Pengelolaan Kampung Wisata Cinangneng: (Kasus: Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat)

Rinda Gustia Dwiyanti (Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor)
Ninuk Purnaningsih (Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Desa wisata merupakan suatu desa yang menawarkan berbagai keunikan dan kekhasan dari desa, seperti kekhasan tradisi dan budaya yang masih terjaga keasliannya serta keindahan alamnya. Kampung Wisata Cinangneng merupakan salah satu desa wisata yang melibatkan masyarakat dalam pengelolaannya. Masyarakat yang berpartisipasi perlu diorganisir menurut kepentingannya dan diarahkan dalam setiap tahap-tahap kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengorganisasian komunitas dalam pengelolaan Kampung Wisata Cinangneng serta hubungannya dengan faktor internal dan faktor eksternal. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan teknik sensus. Penelitian ini dilakukan di Kampung Wisata Cinangneng, Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Responden dalam penelitian ini sebanyak 36 orang yaitu masyarakat yang aktif terlibat dalam pengelolaan Kampung Wisata Cinangneng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang memiliki hubungan dengan pengorganisasian komunitas adalah tingkat pendidikan dan kapasitas individu. Faktor eksternal yang memiliki hubungan dengan pengorganisasian komunitas adalah peran inisiator.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jskpm

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JURNAL SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT [JSKPM] merupakan jurnal ilmiah nasional yang menyajikan artikel-artikel hasil penelitian, review dan editorial dalam ilmu sosiologi, antropologi, politik, komunikasi, ekologi manusia, psikologi sosial, agraria, kependudukan, pendidikan, ...