JURNAL MANAJEMEN
Vol 14, No 1 (2022)

Pengaruh good governance dan kompetensi sumber daya manusia serta motivasi terhadap komitmen kerja dan kinerja pegawai dengan inovasi sebagai variable moderasi

Rahcmad Budi Suharto (Economics and Business Faculty, Mulawarman University Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur Indonesia 75119)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan membuktikan pengaruh good governance dan kompetensi sumber daya manusia serta motivasi kerja terhadap komitmen dan kinerja pegawai dengan inovasi sebagai variabel moderasi pada badan pendapatan Daerah Kalimantan Timur. Pada penelitian ini populasinya adalah Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Badan Pendapatan Daerah di Kalimantan Timur, UPTD Bapenda Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanagara, Kota Balikpapan, Kabupaten Panajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah penelitian populasi. Berdasarkan jumlah populasi maka sampel keseluruhan 120 responden yaitu seluruh pejabat struktural di Badan Pendapatan Daerah. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Good governance berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen normatif Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Kompetensi SDM berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen normatif Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Motivasi instrinsik berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen normatif Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Good governance berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja pegawai Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Kompetensi SDM berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja pegawai Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Motivasi instrinsik berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Komitmen normatif berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Inovasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur. Komitmen normatif berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai di Badan Pendapatan Daerah provinsi Kalimantan Timur. Dalam penelitian ini pengaruh komitmen normatif terhadap kinerja pegawai apabila di moderasi oleh inovasi sebagai pemoderasi maka pengaruh komitmen mornatif terhadap kinerja pegawai dimoderasi oleh inovasi meningkat dengan nilai koefisien yang lebih tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa inovasi telah mampu memoderasi pengaruh variabel komitmen normatif terhadap kinerja pegawai Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JURNALMANAJEMEN

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

JURNAL MANAJEMEN is a scientific journal in the field of management published twice a year (in January & July). ...