Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 5, No 1 (2022)

Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Discovery Learning pada Materi Segiempat di Kelas VII SMP/MTs

Sandra Kartika (UIN Suska Riau)
Rena Revita (UIN Suska Riau)
Ade Irma (UIN Suska Riau)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif pada materi segiempat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di Dar El Hikmah Pekanbaru, beberapa orang validator untuk  ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yaitu berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika dengan jenjang pendidikan minimal S2. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis Discovery Learning pada materi segiempat. Teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar angket dan lembar soal. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dengan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas oleh ahli teknologi pendidikan dan ahli berbasis materi pembelajaran, LKS berbasis Discovery Learning dinyatakan sangat valid dengan presentase kevalidan 84%. Hasil uji kepraktisan kelompok kecil dengan jumlah responden 7 orang dinyatakan sangat praktis dengan presentase kepraktisan 87,9%. Kemudian, untuk uji keefektifan LKS tidak dapat dilaksanakan karena kondisi tidak mendukung dimasa pandemi covid-19. Sedangkan hasil analisis kualitatif diperoleh bahwa LKS berbasis Discovery Learning  dapat menarik minat siswa karena desain, warna, dan gambar yang menarik, dan langkah-langkah Discovery Learning tersusun secara sistematis sehingga mudah dipahami siswa untuk menemukan kembali konsep dasar segiempat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...