Sagu
Vol 19, No 1 (2020)

PENGARUH PENAMBAHAN BUAH NANAS TERHADAP KUALITAS KIMIA DAN SENSORI BAKSO DAGING AYAM KAMPUNG

VONNY SETIARIES JOHAN (Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian, Universitas Riau, Kode Pos 28293, Pekanbaru)
RUSDA AZIZAH RITONGA (Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian, Universitas Riau, Kode Pos 28293, Pekanbaru)
RAHMAYUNI RAHMAYUNI (Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian, Universitas Riau, Kode Pos 28293, Pekanbaru)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan rasio terbaik antara daging ayam kampung dan bubur buahnanas dalam pembuatan bakso. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakanRancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan tiga ulangan. Perlakuannya adalah rasio dagingayam dan bubur buah nanas, yaitu AN1 (100 : 0), AN2 (95 : 5), AN3 (90 : 10), AN4 (85 : 15), AN5 (80 : 20). Datadianalisis secara statistik dengan menggunakan sidik ragam (ANOVA) dan diuji lanjut dengan Duncan NewMultiple Range Test (DNMRT) pada tingkat 5%. Parameter yang diamati adalah kadar air, kadar abu, kadarprotein, kadar lemak, kadar serat kasar, serta uji sensori terhadap warna, aroma, rasa, kekenyalan, keempukan,dan penilaian keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan bubur buah nanas pada baksoayam kampung berpengaruh nyata terhadap kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, kadar serat kasar,serta uji sensori warna, aroma, rasa, kekenyalan, keempukan, dan penilaian keseluruhan. Berdasarkan penelitianini, perlakuan terbaik adalah rasio daging ayam dan bubur buah nanas (95 : 5) yang memiliki kadar air 52,15%,kadar abu 0,85%, kadar protein 13,67%, kadar lemak 9,22%, kadar serat kasar 0,030% . Hasil uji sensori warnaabu-abu, beraroma daging ayam, berasa daging ayam, kenyal dan empuk. Berdasarkan uji hedonik warna,aroma, rasa, kekenyalan, keempukan, dan penilaian keseluruhan disukai oleh panelis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JSG

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering

Description

(SAGU) Agricultural Science and Technology Journal merupakan jurnal ilmiah dalam bidang ilmu dan teknologi pertanian yang diterbitkan oleh Fakultas Pertanian Universitas Riau, Pekanbaru. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Maret dan ...