Sagu
Vol 19, No 1 (2020)

LAMA DISTILASI AIR TERHADAP SIFAT FISIKO-KIMIA MINYAK ATSIRI BUNGA KECOMBRANG (Nicolaia speciosa Horan

SITI SANTUN MULIA (Unknown)
DEWI FORTUNA AYU (Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian, Universitas Riau, Kode Pos 28293, Pekanbaru)
YELMIRA ZALFIATRI (Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian, Universitas Riau, Kode Pos 28293, Pekanbaru)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2020

Abstract

Bunga kecombrang adalah salah satu tanaman yang memiliki potensi untuk menghasilkan minyak atsiri. Aromabunga kecombrang sering digunakan sebagai penyedap dalam masakan. Penelitian ini bertujuan untukmendapatkan waktu distilasi yang optimal untuk kualitas minyak atsiri bunga kecombrang dengan menggunakanmetode destilasi air. Penelitian ini dilakukan secara eksperimental dengan menggunakan Rancangan AcakLengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan setiap perlakuan diulang 4 kali. Perawatan waktu distilasiadalah 3, 4, 5, dan 6 jam. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan analysis of variance (ANOVA)dan dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa waktu destilasi secara signifikan mempengaruhi hasil, indeks bias, kelarutan dalam alkohol,angka ester, jumlah asam dan uji sensoris rasa dan warna. Perlakuan terbaik dalam penelitian ini adalah T3 (5jam) dengan hasil 7,04%, indeks bias 1,502, kelarutan dalam alkohol 1:1, angka ester 23,09 mg KOH/g, dan angkaasam 1,67 mg KOH/g. Hasil uji deskriptif minyak bunga kecombrang menunjukkan bahwa minyak itu berwarnakuning, bunga kecombrang beraroma dan penilaian hedonis keseluruhan disukai oleh panelis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JSG

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering

Description

(SAGU) Agricultural Science and Technology Journal merupakan jurnal ilmiah dalam bidang ilmu dan teknologi pertanian yang diterbitkan oleh Fakultas Pertanian Universitas Riau, Pekanbaru. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Maret dan ...