Bhagirupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual
Vol. 1 No. 1 (2021): BHAGIRUPA Jurnal Desain Komunikasi Visual

Analisis Desain Karakter Pada Maskot Asian Games Ke-18 Jakarta Palembang

Uttara, Sabeth (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2021

Abstract

Indonesia, penyelenggara Asian Games ke-18, menetapkan maskot sebagai salah satu brand identity. Kali ini, ada tiga maskot yang mewakili tiga daerah di Indonesia yaitu Bhin Bhin, Atung dan Kaka. Dilihat dari komunikasi, bagaimana maskot secara visual dapat dipahami oleh masyarakat adalah hal yang paling penting. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert yang dianalisis dengan metode statistik deskriptif. Agar lebih fokus, populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah atlet, dengan usia yang mengacu pada target pasar Asian Games. Akibatnya, dilihat dari aspek desain karakter, siluet dan bentuk; skala abu-abu dan warna; dan kepribadian, maskot Asian Games dibangun dengan baik dimana publik dapat memaknai pesan yang disampaikan oleh penyelenggara.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bhagirupa

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BHAGIRUPA adalah jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk mempromosikan desain komunikasi visual, BHAGIRUPA diterbitkan oleh Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis. Fokus jurnal ini adalah untuk menerbitkan artikel dalam bidang desain komunikasi visual. Artikel yang dikirim harus berupa hasil ...