Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran matematika dengan materi bilangan romawi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest postest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas IV berjumlah 8 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis berupa soal-soal isian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila anggota populasi digunakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil pengolahan data secara statistik dengan menggunakan Uji Wilcoxon diperoleh hasil Ha diterima karena Thitung (0) Ttabel (4) yang artinya adanya pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa tunarungu dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif dengan strategi Team Games Tournament yaitu dimana dalam satu kelas siswa tunarungu yang berjumlah 8 orang dijadikan kelompok-kelompok kecil untuk bekerjasama agar mencapai tujuan pembelajaran dengan strategi pembelajaran yang melibatkan aktifitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan dan reinforcement.
Copyrights © 2019