Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 19, No 1 (2019): JASSI Anakku: Volume 19, Issue 1, 2019

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN ROMAWI BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS IV SDLB (Penelitian Eksperimen dengan One Group Pretest Posttest Design Di SLB B Sukapura Kota Bandung)

Nuryanti, Ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran matematika dengan materi bilangan romawi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest postest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas IV berjumlah 8 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis berupa soal-soal isian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila anggota populasi digunakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil pengolahan data secara statistik dengan menggunakan Uji Wilcoxon diperoleh hasil Ha diterima karena Thitung (0) Ttabel (4) yang artinya adanya pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa tunarungu dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif dengan strategi Team Games Tournament yaitu dimana dalam satu kelas siswa tunarungu yang berjumlah 8 orang dijadikan kelompok-kelompok kecil untuk bekerjasama agar mencapai tujuan pembelajaran dengan strategi pembelajaran yang melibatkan aktifitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan dan reinforcement.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...