Jurnal Sains dan Teknologi
Vol. 7 No. 1 (2018)

AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK POLAR DAN NON POLAR BIJI KELOR (Moringa oleifera) ASAL PULAU TIMOR NTT

Fredy Saudale (Departemen of Chemistry, Faculty of Science and Engineering, Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT)
Early Boelan (Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Katholik Widya Mandira Kupang, NTT, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2018

Abstract

Tumbuhan kelor (Moringa oleifera) telah digunakan dalam pengobatan tradisional. Namun demikian belum diketahui aktivitas antibakteri ekstrak biji kelor asal pulau Timor NTT pada bakteri E.coli dan S.aureus. Ekstrak non polar didapatkan dengan metode maserasi menggunakan n-heksana yang kemudian diidentifikasi komponen kimianya dengan GC-MS. Ekstrak polar didapatkan dengan merebus biji kelor pada suhu 70oC menggunakan akuades. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa kandungan terbesar pada ekstrak non-polar adalah asam oktadek-9-enoat (85,79%) yang adalah asam trans oleat dan asam-9-oktadekanoat (12,69%), suatu asam cis-oleat. Ekstrak polar pada konsentrasi optimum 100% memberikan daya hambat yang lebih besar yaitu 5,67 mm terhadap bakteri E. coli dan 7,33 mm terhadapS. aureus dibandingkan ekstrak non-polar yang memberikan daya hambat 4,67 mm terhadapE. coli dan 5,00 mm S. aureus. Disimpulkan bahwa ekstrak polar dan nonpolar biji kelor menunjukkan aktivitas antibakteri E.coli dan S.aureus. Perbedaan daya hambat didugakarena perbedaan pada kandungan senyawa kimianya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JST

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Sains dan Teknologi(JST) is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on Mathematic, Biology, Physic, Chemistry, Informatic, Electronic and Machine as well as related ...