Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan model asesmen pembelajaran IlmuPengetahuan Alam (IPA) kontekstual terintegrasi dengan model pengajaran berpikir tingkattinggi sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi siswa SMP. Penelitian inidirencanakan bertahap selama tiga tahapan. Untuk tahap ketiga tahun ini, target yang ingindicapai adalah: 1) Uji komparasi Rancangan model assesmen autentik pembelajaran IPAkontekstual terintegrasi dengan model pengajaran kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa; 2) Mendapatkan respon dari guru tentang Rancangan model assesmen autentik pembelajaran IPA kontekstual terintegrasi dengan model pengajaran berpikir tingkat tinggisiswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan menggunakanrancangan the post test only control group design. Hasil penelitian menunjukkan terdapatperbedaan yang signifikan antara model assesmen autentik pembelajaran IPA kontekstualanatara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual dengan pembelajarankonvensional.
Copyrights © 2012