Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 1 No 1 (2012)

PENGEMBANGAN PERANGKAT VISUALISASI KOMPUTER SISTEM AKUNTANSI BERBASIS ICT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN CTL

Lucy Sri Musmini (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2015

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan danteknologi yang terjadi dalam ilmu akuntansi. Tuntutan era global akan kemampauanprofessional mengharapkan tenaga kerja bidang akuntansi  harus bisa menguasai kombinasi perkembangan ilmu akuntansi dan teknologi dalam melaksanakan tugas merekasehari-hari. Apalagi perkembangan teknologi komputer berbasis Information andCommunication Technology (ICT) yang sudah tidak membedakan jarak dalam penyusunanlaporan keuangan akuntansi. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah terwujudnya Perangkat Visualisasi Komputer Sistem Akuntansi  Berbasis Information andCommunication Technology (ICT) Dengan Model Pembelajaran Berpendekatan  ContextualTeaching And Learning yang valid, praktis, relevan dan mengikuti pesatnya perkembanganilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran Instructional Development Model (ID Model). Hasil penelitianmenunjukkan bahwa: (1) Perangkat visualisasi sistem akuntansi yang menjadi produkpenelitian sampai dengan tahun kedua ini menggambarkan bagaimana sistem akuntansisuatu perusahaan dengan berbasis kasus-kasus akuntansi yang diprioritaskan dalam bentuk: formulir, Jurnal, buku besar, buku besar pembantu dan laporan keuangan.Perangkat visualisasi sistem akuntansi ini baru berupa media visualisasi yang belum di linkdengan perkembangan ICT. (2)  Terkait pada kepuasan pengguna dalam perkuliahansecara general menunjukkan bahwa sebanyak 31,4% peserta kuliah merasa sangat puasdengan produk penelitian, sebagian besar peserta kuliah atau 61,6% merasa puas denganpemanfaat perangkat visualisasi namun masih ada peserta sebanyak 7,1% merasa kurangpuas dalam pemanfaatan perangkat visualisasi dalam rangka pembelajaran mata kuliahSistem Akuntansi. Hal ini menunjukkan produk penelitian masih perlu untuk disempurnakanlagi baik dari segi substansi maupun dalam hal tampilan dan kepraktisan operasional.  

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia [p-ISSN: 2303-288X (print) and e-ISSN: 2541-7207 (online)] is a peer-reviewed journal published by the Research and Community Service Institute of Universitas Pendidikan Ganesha since 2012. JPI is an integrated media for ongoing communication related to significant new ...