(kesimpulan) Karena bidang pariwisata itu adalah bidang yang sangat kompleks baik lintas kepengusahaannya maupun lintas akibatnya maka upaya memulihkan citra sebuah daerah tujuan wisata seperti Daerah Istimewa Yogyakarta juga harus dilakukan melalui banyak sisi. Namun demikian pemerintah telah membagikan tugas untuk pekerjaan ini. Pada tataran nasional melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, mereka punya tugas mempertahankan citra yang baik melalui corong-corong di luar negeri tentang citra Negara. Pada tataran tingkat propinsi diberikan kewenangan untuk menjamin citra distinasi dengan mengembangkan promosi yang jelas dan akurat. Sedang pada tataran tingkat kabupaten memiliki tugas membangun ataupun mempertahankan citra produk dengan mengupayakan peningkatan mutu produk pariwisatanya. Cara ataupun strategi yang digunakan dari pembagian kewenangan itulah yang harus dipadukan sehingga ada semacam sinergi yang terbangun merata dari tempat tujuan wisata yang baru diperkenalkan. Artinya pembangunan citra daerah tujuan wisata harus dilakukan secara serempak dengan cara yang efektif yaitu memanfaatkan secara maksimal alat-alat pemasaran dengan menyesuaikan kondisi daerah sesuai fase daerahnya.
Copyrights © 2010