Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol. 15 No. 1 (2018)

Netizen dan Infotainment: Studi Etnografi Virtual pada Akun Instagram @lambe_turah

Nunung Prajarto (Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2018

Abstract

Popularitas penggunaan media sosial di masyarakat telah mengubah lanskap industri media secara signifikan. Media sosial memungkinkan penggunanya menjadi produsen konten di berbagai topik, termasuk informasi hiburan (infotainment). Infotainment yang mulanya lebih dikenal dalam bentuk siaran program televisi atau tertulis di majalah/tabloid hiburan bertransformasi dalam bentuk baru di media sosial, sebagaimana tergambar dalam akun Instagram @lambe_turah. Dengan menggunakan metode etnografi virtual sebagai pendekatannya, kajian ini bertujuan untuk memahami aktivitas serta sentimen pesan yang disampaikan netizen terhadap konten yang diunggah akun @lambe_turah. Selain itu, kajian ini juga bertujuan untuk melihat peran netizen dalam proses transmisi informasi tersebut.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jik

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

urnal ILMU KOMUNIKASI has been published since 2004 by Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Atma Jaya Yogyakarta. The publisher only accepts an original work, which has not been published elsewhere. The article should be submitted through ...