Dinamika Pendidikan
Vol 1, No 1 (2006): June 2006

FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KUALITAS PENULISAN SKRIPSI MAHASISWA




Article Info

Publish Date
27 Jun 2006

Abstract

Skripsi memberi pengalaman belajar kepada mahasiswa dalam menyelesaikan masalah ilmiah dengan cara melakukan penelitian sendiri, menganalisis dan menarik kesimpulan serta menyusunnya sebagai bentuk karya ilmiah. Pengalaman belajar seseorang di masa lampau dapat digunakan sebagai bekal dalam kegiatan belajar selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tingkat pengaruh hasil belajar filsafat ilmu, matematika bisnis, statistik, ekonometrika dan metodologi penelitian terhadap kualitas penulisan skripsi. Populasi penelitian ini adalah wisudawan jurusan ekonomi tahun 2004 yang berjumlah  148. Pengambilan sampel yang berjumlah 45 dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif persentase, crosstabs, dan regresi binary. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar filsafat ilmu, matematika bisnis, statistik, ekonometrika dan  metodologi penelitian secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas penulisan skripsi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa semakin baik hasil belajar filsafat ilmu, matematika bisnis, statistik, ekonometrika dan metodologi penelitian maka kualitas penulisan skripsi akan semakin baik, begitu pula sebaliknya. Disarankan bagi mahasiswa agar meningkatkan pemahaman terhadap mata kuliah tersebut sehingga memperoleh hasil belajar yang baik agar dapat dijadikan bekal dalam menyusun skripsi. Kata Kunci : Karya Ilmiah, Skripsi

Copyrights © 2006






Journal Info

Abbrev

DP

Publisher

Subject

Education

Description

Dinamika Pendidikan (p-ISSN 1907-3720, e-ISSN 2502-5074) is a scientific periodical published by the Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang collaborate with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO), Asosiasi Profesi Pendidikan Akuntansi ...