Sumba Journal of Research and Mathematics Education
Vol. 3 No. 2 (2021)

Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Negeri 2 Wanukaka

Dimu Dedi (Pendidikan matematika, STKIP Weetebula)
Dekriati Ate (Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pemdidikan Weetebula, Indonesia)
Samuel Rex M. Making (Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pemdidikan Weetebula, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui kemampuan peserta didik di SMP Negeri 2 Wanukaka dalam meneyelesaiankan soal-soal literasi numerasi bertipe PISA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IXA SMP Negeri 2 Wanunaka dengan jumlah siswa 20 orang. subjek yang dipilih untuk dideskripsikan hasilnya yaitu 5 subjek, kelima subjek dipilih berdasarkan kriteria baik sekali, baik, cukup, kurang, kurang sekali, masing-masing kategori dipilih untuk diwawancarai. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dari hasil tes literasi numerasi siswa. Data dianalisis berdasarkan tahapan polya dan indicator literasi. Analisis data dilakukan berdasarkan tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil analisis data kemampuan literasi numerasi peserta didik pada tahap memahami masalah 16% termasuk kategori kurang sekali, pada tahap merencanakan 8% termasuk kategori kurang sekali, pada tahap melaksanakan rencana 27% termasuk kategori kurang sekali, sedang pada tahap melihat kembali 0%, termasuk kategori kurang sekali. Sehingga dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan siswa untuk soal bertipe PISA masi tergolong rendah. Kata kunci: kemampuan literasi numerasi, polya

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppms

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) |p-ISSN : 2714-8939 , e-ISSN : 2714-8947| merupakan wahana bagi para peneliti khususnya dibidang pendidikan matematika dalam mengembangkan teknologi pendidikan dan teori-teori pendidikannya khususnya dibidang matematika. Jurnal ini diterbitkan ...