Sumba Journal of Research and Mathematics Education
Vol. 3 No. 2 (2021)

Pada Analisis Kemampuan Berpikir Lateral Siswa Kelas VIII SMPK. St. Paulus Karuni Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

sarianti keiku pada (Pendidikan matematika, STKIP Weetebula)
Samuel Rex M. Making (Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pemdidikan Weetebula, Indonesia)
Dekriati Ate (Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pemdidikan Weetebula, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir lateral siswa kelas VIII SMPK. St. Paulus Karuni dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIc SMPK St. Paulus Karuni dengan jumlah 28 siswa. Subjek yang dipilih untuk dideskripsikan hasilnya yaitu 3 subjek, ketiga subjek ini dipilih berdasarkan 3 kategori yaitu tinggih, sedang, dan rendah. Masing – masing kategori dipilih 1 subjek untuk diwawancarai. Data dianalisis berdasarkan aspek berpikir lateral. Analisis data dilakukan melalui tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil analisis data kemampuan berpikir lateral siswa pada kategori tinggi 2 (7%) mampuh memenuhi aspek berpikir lateral,  pada kategori sedang 5(18%) cukup mampuh memenuhi aspek berpikir lateral. dan pada kategori rendah 21 (75%)  belum mampuh memenuhi aspek berpikir lateral. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa kemampuan berpikir lateral siswa masi tergolong rendah. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Lateral Siswa, Soal SPLDV

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppms

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) |p-ISSN : 2714-8939 , e-ISSN : 2714-8947| merupakan wahana bagi para peneliti khususnya dibidang pendidikan matematika dalam mengembangkan teknologi pendidikan dan teori-teori pendidikannya khususnya dibidang matematika. Jurnal ini diterbitkan ...