An-Nidhom : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 6 No 1 (2021): Juni 2021

Model Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Madrasah Tsanawiah Dan Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Pusat Menes

Sulasi Rumadlan (Unknown)
Anis Zohriah (Unknown)
Jus’aini Kamal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Kepemimpinan merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah/madrasah. Dalam Permendiknas nomor 13 tahun 2007, kompetensi kepemimpinan kepala sekolah/madrasah yang dimaksud adalah Kepemimpinan Pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model Kepemimpinan Pembelajaran kepala sekolah/mdrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis study kasus. Instrumen penelitan adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, dan guru serta staf secara snowball. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah. Objek penelitian adalah pelaku, konsep, tempat, dan kegiatan. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa: Pertama, peran dan legalitas kepemimpinan pembelajaran kepala Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Pusat Menes; Kedua, gaya dan Nilai-nilai kepemimpinan pembelajaran kepala Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Pusat Menes; dan Ketiga, strategi Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Pusat Menes.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

annidhom

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

An-Nidhom : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam merupakan jurnal yang dipublish oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Jurnal ini menerbitkan karya tulis ilmiah berupa artikel dari kalangan Mahasiswa, Dosen, Peneliti dan Scholar lainnya dalam ...