E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis
Vol 7, No 2 (2014)

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENGARSIPAN DAN PENGELOLAAN DATA KEPENDUDUKAN BERBASIS MULTIUSER DI KELURAHAN NYATNYONO

Budi Hartono, Kustiyono , ( Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer Semarang)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2014

Abstract

Kelurahan merupakan suatu badan pemerintahan yang memiliki tingkat kedudukan dibawah kecamatan. Kelurahan menyelenggarakan sebagian kewenangan pemerintahan, dalam pelayanan kepada masyarakat. Kelurahan Nyatnyono terdiri dari 8 RW dan 32 RT , jumlah penduduk 5.416 jiwa dari 1.858 Kepala Keluarga. Pencatatan surat pengantar untuk keperluan penduduk di kelurahan Nyatnyono masih dilakukan secara konvensional, dicatat pada buku agenda umum, dan penyimpanan arsipnya juga dikumpulkan menjadi satu pada buku khusus, hal ini menimbulkan kesulitan ketika ingin melakukan pengecekannya. Sistem pengarsipan data kependudukan masih manual yaitu ditulis dalam buku sebagai penyimpanan data menyebabkan kesulitan dalam pencarian data. Kerbatasan tempat penyimpanan dan waktu, maka arsip dapat kapan saja dimusnahkan, kemudian seringnya pengaksesan arsip dapat mempercepat rusaknya arsip.Dengan kelemahan sistem lama maka perlu sistem informasi manajemen pengarsipan dan pengelolaan data kependudukan berbasis multiuser guna menunjang pengelolaan data pendudukan, surat-menyurat berikut arsipnya. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan metode pengembangan sistem Research and Developmnet (Borg and Gall, 1983) yang terdiri dari : Research and Information Collection, Planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision, Operational, Field Testing, Final Product Revision, Dissemination and Implementation, menggunakan software Microsoft Visual Basic 6.0 database Access.Sistem informasi berfungsi untuk pencatatan data penduduk, pencatatan surat pengantar : pembuatan KTP, keterangan lahir, keterangan pindah, keterangan kematian, dan pengarsipan. Sehingga mempermudah pencarian data dan laporannya serta terintegrasi, dapat di akses kembali jika dibutuhkan sehingga pelayanan akan efektif dan efisien.Kata kunci : Kelurahan, Manajemen Arsip, Metode R & D, Visual Basic, Access, Multiuser

Copyrights © 2014