Pendidikan diperlukan agar mampu memfasilitasi potensi dan kreativitas siswa, tetapi kenyataannya implementasi pembelajaran kurang bervariasi menyebabkan kreativitas siswa kurang optimal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menganalisis efektivitas implementasi PjBL berbasis barang bekas terhadap kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental rancangan One-Group Pretest-Posttest, yang dilakukan bulan Februari-Mei 2020 di SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar, dan sampelnya adalah siswa kelas X IIS 1 LAB yang didapatkan dengan teknik purposive sampling. Instrument penelitian berupa rubrik kreativitas siswa dengan lima kriteria pengamatan berdasarkan tampilan dan inovasi, kelengkapan materi, desain dan penggunaan barang bekas, kemampuan elaborasi dan presentasi. Data kreativitas dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan Mann Whitney U Test. Penelitian ini menunjukan adanya perbedaan yang nyata antara penilaian kreativitas 1 dan 2 yang dibuktikan dengan uji statistik dengan taraf sig. P=0,001Kesimpulan dari penelitian menunjukkan implementasi PjBL berbasis barang bekas efektif meningkatkan kreativitas siswa.
Copyrights © 2022