COPING (Community of Publishing in Nursing)
Vol 10 No 2 (2022): April 2022

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN BURNOUT SYNDROME PADA MAHASISWA YANG MENJALANI PEMBELAJARAN DARING

I Gede Angga Ariesta Widayana (Unknown)
Ni Kadek Ayu Suarningsih (Unknown)
Kadek Cahya Utami (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Perubahan sistem pembelajaran daring berpotensi menyebabkan burnout syndrome. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan burnout syndrome pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang menjalani pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif korelatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 243 responden yang diperoleh melalui teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan Trait Emotional Intelligence Questionnaire - Adolescent Short Form dan Maslach Burnout Inventory-Student Survey. Analisis data menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan burnout syndrome dengan kekuatan hubungan lemah dan arah korelasi negatif. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional, maka semakin rendah tingkat burnout syndrome, begitupun sebaliknya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

coping

Publisher

Subject

Education Health Professions Nursing Public Health

Description

COPING (Community of Publishing in Nursing) adalah E-Jurnal Keperawatan yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. E-Jurnal keperawatan ini akan menjadi salah satu wahana pengembangan Evidence Based Nursing dalam pengembangan dan update ...