Performance
Vol 4, No 1 (2014): Performance

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMBACA DI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN SUMENEP

Rusnani, Rusnani ( Fakultas Ekonomi Universitas Wiraraja Sumenep)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2014

Abstract

Dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa pemerintah melakukan berbagai upaya salah satunya peningkatan sarana pendidikan. Perpustakaan adalah salah satu bentuk peningkatan sarana pendidikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tentang materi-materi pendidikan. Perpustakaan Daerah merupakan perpustakaan umum yang dikelola oleh pemerintah daerah untuk melayani kebutuhan masyarakat. Pengelolaan perpustakaan dipimpin oleh kepala seksi perpustakaan dan dibantu 3 orang pegawai dan 3 orang tenaga honorer. Karena pengelolanya tidak mempunyai keahlian sebagai pustakawan maka pelayanannya kurang memuaskan pembaca, hal ini terbukti dalam uji F bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari Staf (X1), Kepribadian/Sikap (X2), Koleksi buku (X3), Klasifikasi (X4), Katalog (X5), Lingkungan (X6), Lokasi (X7) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pembaca, sedangkan dari uji t hanya X1 (staf), dan X5 (katalog) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Y (kepuasan pembaca). Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan

Copyrights © 2014