Dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa pemerintah melakukan berbagai upaya salah satunya peningkatan sarana pendidikan. Perpustakaan adalah salah satu bentuk peningkatan sarana pendidikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tentang materi-materi pendidikan. Perpustakaan Daerah merupakan perpustakaan umum yang dikelola oleh pemerintah daerah untuk melayani kebutuhan masyarakat. Pengelolaan perpustakaan dipimpin oleh kepala seksi perpustakaan dan dibantu 3 orang pegawai dan 3 orang tenaga honorer. Karena pengelolanya tidak mempunyai keahlian sebagai pustakawan maka pelayanannya kurang memuaskan pembaca, hal ini terbukti dalam uji F bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari Staf (X1), Kepribadian/Sikap (X2), Koleksi buku (X3), Klasifikasi (X4), Katalog (X5), Lingkungan (X6), Lokasi (X7) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pembaca, sedangkan dari uji t hanya X1 (staf), dan X5 (katalog) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Y (kepuasan pembaca). Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan
Copyrights © 2014