PROCEEDING
Vol 1, No 1 (2012)

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA MENGEKSPLOR MATA KULIAH SISTEMATIK TUMBUHAN RENDAH MELALUI LESSON STUDY

Purwanto, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2013

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA MENGEKSPLOR MATA KULIAH SISTEMATIK TUMBUHAN RENDAH MELALUI LESSON STUDY Agus Purwanto FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Jl. Letjend. Sujono Humardani No. 1 Kampus Jombor Sukoharjo 57521 Telp. (0271) 593156 Fax. (0271) 591065 Abstrak Secara umum pelaksanaan lesson study mempunyai tujuan memperbaiki kualitas proses belajar mengajar. Di sini mempunyai tujuan khusus, yaitu:  menyusun, melaksanakan, dan evaluasi perangkat pembelajaran mata kuliah Sistematik Tumbuhan Rendah yang memfokuskan pada peningkatan kemampuan mahasiswa mengeksplorasi. Obyek pembelajarannya adalah mahasiswa Pendidikan Biologi semester III, subjek pembelajaran dosen-dosen biologi. Pelaksanaan empat tahap, setiap tahap meliputi pembuatan perangkat pembelajaran (plan), pelaksanaan pembelajaran (do), dan refleksi (see). Fokus pembelajaran: peningkatan kemampuan mahasiswa mengeksplorasi. Eksplorasi mahasiswa diarahkan membuat poster dari materi yang ditugaskan secara kelompok, yang selanjutnya didiskusikan lewat strategi pembelajaran Jigsaw. Dari empat tahap pelaksanaan kemampuan mengeksplor materi lewat sumber buku, internet, dan berdiskusi semakin meningkat. Peningkatan kemampuan mengekspor diperlihatkan saat penyampaian lebih runtut, spesifik materi dan pelaksanaan diskusi lebih mengarah. Kesimpulan yang didapat sebagai berikut: Telah tersusun perangkat pembelajaran yang berupa silabus, RMP, LKM dari mata kuliah Sistematik Tumbuhan Rendah; Terbentuk pembelajaran yang dapat mengaktifkan mahasiswa mengeksplor materi secara kelompok lewat pencarian sumber materi, presentasi, dan berdiskusi; Terbentuk kolaborasi antar-dosen dalam rangka perbaikan kualitas pembelajaran Kata kunci: tumbuhan rendah, lesson study

Copyrights © 2012