Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EDITORIAL BERBASIS ALBURHANI UNTUK PESERTA DIDIK SMA

Erwin Salpa Riansi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ade Anggraini Kartika Devi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ilmi Solihat (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar menulis teks editorial berbasis Al Burhani serta mendeskripsikan kelayakannya. Pengembangan bahan ajar dirancang menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) model Borg and Gall. Prosedur penelitian meliputi penelitian pendahuluan, pengembangan bahan ajar, dan produk bahan ajar. Data studi pendahuluan diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada peserta didik dan wawancara guru. Berdasarkan analisis kebutuhan, didesain prototipe bahan ajar menulis teks editorial berbasis Al Burhani. Desain bahan ajar terlebih dahulu diuji oleh pakar materi dan media kemudian diujicobakan dalam kelas kecil kemudian direvisi kembali lalu diujicobakan dalam kelas luas. Pada tahap ini juga, bahan ajar diuji kelayakannnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar menulis teks editorial berbasis Al Burhani layak digunakan oleh peserta didik SMA.

Copyrights © 2022