Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik
Vol. 5 No. 1 (2022): JIRE April 2022

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERTANIAN BERBASIS KECERDASAN BUATAN (E-TANDUR) DALAM MENUNJANG PERTUMBUHAN PERTANIAN MASYARAKAT DAERAH KABUPATEN BANDUNG DENGAN METODE GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS) DAN INTERNET OF THINGS (IOT)

Nina Amalia (Politeknik piksi ganesha)
Oscar Rachman (Politeknik Piksi Ganesha Bandung)
Desy Puspa Rahayu (Politeknik Piksi Ganesha,Bandung)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2022

Abstract

Kondisi yang dapat mengakibatkan gagal panen dalam pertanian yang cukup rentan diantaranya bencana alam, perubahan iklim yang mengakibatkan banjir atau bahkan kekeringan lahan, hama dan lain-lain. Sistem Informasi pertanian berbasis kecerdasan buatan yang dapat mengontrol semua itu dengan akses yang lebih luas melalui komputer dapat menjadi solusi untuk mencegah gagal panen. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi berbasis web untuk memantau dan mengendalikan lahan pertanian secara jarak jauh dengan teknologi sistem informasi geografis dan internet of things.  Metode Perancangan aplikasi menggunakan model proses waterfall dibantu dengan unified modelling language dan prototype untuk mempermudah komunikasi antar pemegang kepentingan. Dengan mengintegrasikan sistem infomasi dengan sektor pertanian mampu meningkatkan mutu hasil panen karena dapat memberikan informasi tanggal prediksi panen, memberikan informasi suhu tanah, memberikan informasi kelembapan tanah. mengetahui PH air, dan kondisi kadar air dalam tanah. Dari hasil penelitian ini, Data Suhu Udara, Kelembaban Udara, pH Air, Kekeringan Tanah akan terkirim ke Cloud Server via Aplikasi Web. Tanah akan terkotrol oleh sistem, jika tanah kering maka pompa air akan menyala untuk melakukan penyiraman. Kondisi ini yang membuat petani dapat terhindar dari gagal panen. Aplikasi yang dirancang sudah diuji di Desa Cimaung Tugu, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung Selatan dengan hasil memenuhi kebutuhan pengguna dan berhasil diuji dengan menggunakan topologi yang umum digunakan untuk aplikasi berbasis teknologi cloud yang menghubungkan sensor dengan pengguna akhir.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jire

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JIRE (Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik) (eISSN: 2620-6900) diterbitkan oleh LPPM STMIK Lombok sebagai wadah untuk mempublikasikan artikel tentang pengetahuan baru dan penelitian dengan isu terkini yang berkaiatan dengan teknologi informasi, dengan topik Networks, Internet and Mobile ...