Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran mata kuliah sastra nusantara yang berwawasan kearifan lokal budaya 8 etnis Sumatera Utara. Metode penelitian ini menggunakan model Borg dan Gell yang terdiri dari 9 tahap yaitu menentukan sumber belajar, identifikasi masalah dan tujuan pembelajaran, analisis karakter peserta didik (mahasiswa), identifikasi materi pelajaran, menentapkan tujuan pembelajaran khusus, membuat sistematika isi pembelajaran, merancang strategi pembelajaran, metode pembelajan, dan mengembangkan instrumen evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) perangkat pembelajaran mata kuliah Sastra Nusantara berbasis kearifan lokal budaya Sumatera Utara perlu dikembangkan sebagai panduan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, (2) penilaian dan perangkat yang dibuat perlu memenuhi kriteria kepraktisan dan efektif untuk meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran. (3) perangkat pembelajaran mata kuliah Sastra Nusantara berbasis kearifan lokal budaya Sumatera Utara berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi Sastra Indonesia FBS Unimed.
Copyrights © 2022