Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Sastra Nusantara Berwawasan Kearifan Lokal Budaya Sumatera Utara di Prodi Sastra Indonesia FBS Unimed

M. Surip (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran mata kuliah sastra nusantara yang berwawasan kearifan lokal budaya 8 etnis Sumatera Utara. Metode penelitian ini menggunakan model Borg dan Gell yang terdiri dari 9 tahap yaitu menentukan sumber belajar, identifikasi masalah dan tujuan pembelajaran, analisis karakter peserta didik (mahasiswa), identifikasi materi pelajaran, menentapkan tujuan pembelajaran khusus, membuat sistematika isi pembelajaran, merancang strategi pembelajaran, metode pembelajan, dan mengembangkan instrumen evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) perangkat pembelajaran mata kuliah Sastra Nusantara berbasis kearifan lokal budaya Sumatera Utara perlu dikembangkan sebagai panduan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, (2) penilaian dan perangkat yang dibuat perlu memenuhi kriteria kepraktisan dan efektif untuk meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran. (3) perangkat pembelajaran mata kuliah Sastra Nusantara berbasis kearifan lokal budaya Sumatera Utara berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi Sastra Indonesia FBS Unimed.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...