Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 7 No 2 (2022): Edisi Mei 2022

Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Statistika melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Microsoft Excel

Wahyu Indriati (SMA Negeri 2 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Kontrol guru terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran pada proses pembelajaran daring adalah sangat terbatas. Interaksi yang terbatas dalam pembelajaran daring ini merupakan salah satu sebab siswa berkurang keaktifannya dalam pembelajaran sehingga baik proses maupun hasil pembelajaran menjadi terhambat. Subjek penelitian ini diambil dari siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 2 Yogyakarta dengan siswa berjumlah 36 orang terdiri 19 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester gasal Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar statistika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dapat diupayakan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Microsoft Excel dalam pembelajaran statistika. Pada kondisi awal atau pra siklus keaktifan siswa memperlihatkan angka sebesar 54,75%, dan pada saat kondisi siklus I keaktifan siswa naik menjadi 72,80%, dan bertambah peningkatannya pada kondisi siklus II yaitu 80,21%. Sedangkan hasil belajar matematika siswa dari pra siklus (keadaan awal) dengan nilai rerata menunjukkan angka 76,19, meningkat menjadi 76,59 pada siklus I, dan bertambah peningkatannya pada siklus II menjadi 82,75.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...